Top Ad unit 728 × 90

[Ramadhan][slider][#fc0000]

Mengintip Tradisi Unik Ramadhan di Berbagai Negara


Umat Muslim di seluruh dunia tengah menjalankan ibadah puasa di Bulan Ramadhan. Tentunya, di setiap negara mempunyai tradisi unik untuk menyambut bulan suci tersebut. Apa saja sih tradisi-tradisi unik saat bulan Ramadhan di beberapa belahan dunia?

Jepang

Umat Muslim di Jepang, menjelang Ramadhan mereka berbagi kebahagiaan degan saudaranya yang juga sesama muslim. Di Islamic Centre Jepang misalnya, mereka membentuk panitia Ramadhan untuk menyusun acara-acara apa saja yang akan diadakan selama bulan Ramadha. Mulai dari dialog keagamaan, membagikan jadwal shalat, shalat tarawih berjamaah, Majelis Taklim hingga membagikan buku-buku keislaman yang terkait dengan melakukan ibadah Puasa.

Mesir

Puasa Ramadhan kali tentunya berbeda untuk saudara-saudara kita yang ada di Mesir. Tetapi, menjelang Ramadhan tradisi yang dilakukan warga Mesir yaitu mereka akan memasang lampu-lampu. Maka dari itu, banyak sekali wargaMesir yang berbondong-bondong membei lampu. Konon, tradisi tersebut sudah dilaksanakan sejak zaman dinasti Fattimiyah. Pada waktu itu, lampu Fanus dipasang untuk menyambut Raja yang datang berkunjung menjelang Ramadhan.

Palestina

Palestina, walaupun masih didera konflik yang berkepanjangan dengan Israel, namun mereka tetap melakukaan tradisi Ramdhan. Tak jauh berbeda dengan Mesir, untuk menyambut bulan suci ini, Palestina juga memasang lampu-lampu yang dipasang di setiap rumah warga.

Nigeria

Umat Muslim Nigeria merayakan Ramadhan dengan berdakwa. Mereka akan pergi bergerombolan ke seluruh pelosok negeri untuk menyiarkan Islam.

Irak

Semoga datangnya Ramadhan mampu menghentikan teror bom yang ada di negera Irak. Ya...menyambut Ramadhan tradisi di negara Irak yaitu dengan berbelanja di pasar tertua di Irak bernama Pasar Shorja. Pasar tersebut hanya ramai ketika masuk bulan Ramadhan.

Swiss

Di Swiss, menjelang bulan Ramadhan, biasanya mereka menggelar pengumpulan paket untuk keluarga miskin yang dikoordinir oleh organiisasi kemanusiaan Palestina.

Amerika Serikat

Di AS, Masjid Nurul Mustafa di pinggir kota Johnston County, North Carolina disulap menjadi 'cantik' dengan lampu-lampu hias.

Nah, tradisi di beberapa negara tersebut cukup unik bukan? masing-masing negara mempunya cara sendiri untuk merayakan dan menyambut datangnya bulan suci ini. Namun yang terpenting bagaimana masing-masing individu memaknai dan memanfaatkan bulan Ramadhan ini untuk lebih mendekatkan diri pada Allah dan menjadi pribadi yang lebih baik. Selamat berpuasa...

Sumber:
Mengintip Tradisi Unik Ramadhan di Berbagai Negara
 Reviewed by Goclix on 08.36 Rating: 5
All Rights Reserved by Zone Berita Indonesia © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.